Warga Pamekasan Positif COVID-19 Bertambah 2 Orang

PAMEKASAN HEBAT - Warga di Kabupaten Pamekasan yang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil uji laboratorium Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bertambah 2 orang, sehingga jumlah total warga positif corona hingga kini sebantak 7 orang.

Sementara, jumlah total se-Madura yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 hingga awal Ramadhan 1441 Hijriah kali ini sebanyak 19 orang.

Ke-19 warga itu tersebar di tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Bangkalan sebanyak 8 orang, Pamekasan sebanyak 7 orang dan di Kabupaten Sumenep sebanyak 4 orang.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Ahmad Marsuki di Pamekasan, Kamis (24/4/2020) malam, data sebaran warga Madura yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu, sesuai dengan data terbaru yang dirilis Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Jawa Timur.

"Dari 19 warga yang terkonfirmasi positif di Pulau Madura ini, enam orang diantaranya merupakan kasus baru, yakni 2 orang dari Pamekasan dan empat orang dari Kabupaten Sumenep," kata Marsuki. [Baca Juga: KIM Pamekasan Hebat Gabung PWI Dirikan Posko COVID-19]

Kedua pasien positif tambahan asal Pamekasan itu terdiri dari, warga asal Kecamatan Proppo, yakni seorang wanita berusia 60 tahun dan masih tercatat sebagai salah seorang famili dari pasien positif corona sebelumnya.

Pasien positif berikutnya juga seorang wanita berusia 53 tahun asal Kecamatan Palengaan, Pamekasan. [Baca Juga: Data Jurnalis di Kabupaten Pamekasan]

"Berdasarkan riwayatnya orang ini memang pernah kontak dengan pasien yang terpapar corona," kata Marsuki, menjelaskan.

Terkait pasien positif baru asal Kecamatan Proppo, Plt Kepala Dinkes Pamekasan menjelaskan, bahwa pada 12 April 2020, pihaknya melakukan penelusuran pada orang-orang yang terlibat kontak langsung dengan pasien positif corona.

Pada tanggal 14 April 2020, tim media Satgas COVID-19 Pamekasan mengambil swab dari beberapa orang yang terlibat kontak dengan pasien positif corona. [Baca Juga: KIM Bisa Jadi Penggerak Ekonomi Kerakyatan di Pamekasan]

Lalu, hasil spesimen dari beberapa orang pasien itu dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Litbangkes RI) dan hasilnya positif.

"Jadi, dari beberapa orang yang diuji lab itu, dua orang diantaranya terkonfirmasi positif corona," kata Marsuki, menjelaskan.

Sementara, terkait adanya pasien tambahan positif COVID-19 itu, kini tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Pamekasan terus melakukan pelacakan kepada orang-orang yang pernah terlibat kontak langsung dengan kedua pasien positif itu.

Tim juga melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa rumah warga yang diketahui terkonfirmasi positif COVID-19 itu.

Sementara, pasien baru terkonfirmasi positif di Sumenep, merupakan warga yang pernah mengikuti pelatihan haji di Asrama Haji Sukolilo di Surabaya dan kini keempat orang tersebut sedang menjalani perawatan di RSUD Sumenep. (KIM PAMEKASAN HEBAT)

Posting Komentar

0 Komentar