KIM Pamekasan Hebat gabung PWI Dirikan Posko COVID-19

PAMEKASAN HEBAT - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pamekasan Hebat bergabung dengan organisasi profesi wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membentuk posko bersama guna memberikan informasi dan edukasi kepada publik tentang pencegahan virus corona (COVID-19).

Posko yang ditempatkan di Graha Insan Media di Gedung PWI Pamekasan yang beralamat di Jalan Ronggosukowati Nomor 13 Pamekasan ini sebagai pusat koordinasi, sekaligus tempat diskusi bagi para pengurus KIM Pamekasan Hebat dalam menyajikan informasi seputar COVID-19.

Sekretaris KIM Pamekasan Hebat Fathor Arifin menjelaskan, pihaknya sengaja bergabung dengan kelompok organisasi profesi wartawan itu, karena beberapa pertimbangan. Pertama, karena antara KIM dengan media massa memiliki kepentingan yang sama, yakni menggali informasi, untuk disampaikan kepada publik.

"Kedua, dengan bergabung bersama organisasi profesi wartawan ini, kami juga bisa lebih banyak menyerap informasi, sehingga diseminasi informasi yang hendak disampaikan kepada publik juga akan lebih luas," kata Arif.

Ada lima jenis saluran informasi yang digunakan kelompok informasi masyarakat ini. Masing-masing blog, instagram, twitter, youtube dan facebook dengan nama "Pamekasan Hebat".

"Kalau blog laman yang kami gunakan adalah pamekasanhebat.com dan kim.pamekasanhebat.com," kata Arif, menjelaskan.

Tentang KIM Pamekasan Hebat
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pamekasan Hebat ini merupakan kelompok informasi binaan organisasi profesi wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, sebagai upaya mewujudkan cita ideal tatanan masyarakat melek media, serta meningkatkan peran masyarakat dalam bidang jurnalistik (citizen journalistic). Keterbukaan informasi publik melalui pemanfaatan media blog berbasis konten lokal, yang mendidik dan mencerahkan, merupakan salah satu missi yang hendak diwujudkan melalui kelompok informasi.

Meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan dan keaktifan masyarakat tentang informasi yang benar, serta mampu menyaring informasi yang valid dan mencerahkan, merupakan satu dari empat tujuan sebagaimana ditetapkan dalam anggaran dasar (AD) KIM Pamekasan Hebat ini, disamping sebagai mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat seputar pembangunan, program pemerintah dan berbagai kebutuhan informasi lainnya yang dianggap penting dan mendidikan masyarakat. Sebagai penyambung informasi yang bersifat top down (dari pemerintah kepada masyatakat), maka kajian dan penyebaran informasi melalui paradigma positivistik adalah yang digunakan dalam konten ini. [Baca Juga: Data Jurnalis di Kabupaten Pamekasan]

Namun, sebagai mediator komunikasi dan informasi pemerintah kepada mayarakat secara timbal balik dan berkesinambungan, sebagai tujuan pada poin ketiga pada Anggaran Dasar KIM Pamekasan Hebat ini, serta sebagai penerima, dan penyebar infromasi dan berinterksi sesama anggota mayarakat guna meningkatkan kesejahteraan, sebagaimana pada poin keempat, maka paradigma kritis, akan tetapi bertanggung jawab menjadi pilihan konten di blog KIM Pamekasan Hebat ini.

Maraknya, penyebaran informasi bohong, di berbagai media sosial, juga menjadi alasan kelompok informasi masyarakat ini, membentuk wadah organisasi untuk bergerak di bidang penyebaran informasi berbasis blog.

Maka pada 28 Oktober 2018, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, KIM Pamekasan Hebat ini akhirnya terbentuk, dengan semangat menyajikan informasi yang mendidik, mencerahkan, dan mensukseskan program-program baik yang telah dicanangkan oleh pemerintah, disamping sebagai komunikator dan mediator yang menjembatani antara kepentingan rakyat dengan pemerintah. (KIM PAMEKASAN HEBAT)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »