Diskominfo Pamekasan Kirim Tiga KIM ke JKF 2019 di Magetan

PAMEKASAN HEBAT - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan mengirim tiga Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk mengikuti kegiatan Jatim Kominfo Festival (JKF) 2019 di Kabupaten Magetan yang dijadwalkan berlangsung tanggal 1 hingga 4 Oktober 2019.

Menurut Kasi Pembinaan Media Komunikasi Diskominfo Kabupaten Pamekasan Herlina, Senin (30/9/2019) ketiga kelompok informasi masyarakat yang diutus mengikuti JKF di Magetan itu, masing-masing KIM Bintang, KIM Pamekasan Hebat dan KIM Kamboja.

"Ketiga KIM memiliki fokus informasi berbeda. Kim Bintang pada upaya antisipasi kabar bohong, Pamekasan Hebat pada jurnalisme publik dan ekonomi kreatif, sedangkan KIM Kamboja fokus pada pelestarian budaya dan lingkungan sehat," katanya, seperti dilansir Jatim.Antaranews.Com.

JKF ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemprov Jatim dalam rangka menumbuhkembangkan dan memberdayakan kelompok informasi masyarakat dan literasi media warga. [Baca Juga: Jatim Kominfo Festival Digelar di Magetan 1-4 Oktober 2019]

Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari itu, menyajikan beragam kegiatan dan pendidikan bagi para pengurus KIM se-Jawa Timur.

Antara lain seminar tentang literasi dan pemberdayaan media warga sebagai media komunitas di kalangan masyarakat, serta pembinaan bagi pegiat media sosial agar aktivitas mereka bernilai positif, dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dunia usaha.

"Disamping itu, keberadaan KIM ini juga diharapkan oleh pemerintah bisa menjadi media penyeimbang bahkan bisa membuat counter opinion terhadap penyebaran informasi bohong," katanya. [Baca Juga: KIM 'Pamekasan Hebat' Kampanyekan Literasi Bersama Bupati-Wabup]

Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu kabupaten di Pulau Madura yang memiliki kelompok informasi masyarakat paling banyak dibanding tiga kabupaten lain di Madura.

Menurut data, di Kabupaten Pamekasan terdapat 11 KIM. Namun, dari jumlah itu, hanya tiga KIM yang aktif menggelar kegiatan, sehingga perwakilan ketiga KIM itu dikirim untuk mengikuti kegiatan Jatim Kominfo Festival (JKF) 2019 se-Jawa Timur di Kabupaten Magetan. (PAMEKASAN HEBAT)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »