Pamekasan Promosikan Potensi Daerah melalui KIM

PAMEKASAN HEBAT - Pemerintah Kabupaten Pamekasan,terus mendorong upaya promosi potensi daerah yang ada di wilayah itu melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

"Ada sebanyak 11 Kelompok Informasi Masyarakat yang saat ini terdata di Dinas Komunikasi Pamekasan dan menjadi mitra pemerintah membantu mempromosikan potensi daerah di Pamekasan ini," kata Kepala Diskominfo Pamekasan M Bahrun di Pamekasan, seperti dilansir Kantor Berita Antara, Senin (22/7/2019).

Masing-masing KIM itu memiliki fokus atau konten isi informasi berbeda. Seperti KIM khusus pertanian, perikanan, kerajinan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Pamekasan.

Selain untuk membantu promosi potensi daerah yang ada di Pamekasan, keberadaan KIM di Kabupaten Pamekasan diharapkan bisa menjadi penyeimbang informasi, mengingat akhir-akhir ini banyak menyebar kabar bohong di masyarakat.

"Kami menginginkan KIM di Pamekasan ini juga bisa membantu menangkal penyebaran berita bohong yang kian marak akhir-akhir ini," kata Bahrun. [Baca Juga: PWI-KIM Pamekasan Hebat Kaji Media dan Ekonomi Digital]

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, para pengelola kelompok informasi masyarakat ini nantinya diharapkan bisa berkolaborasi lebih jauh dengan pemkab tentang penyebaran informasi yang mendidik dan mencerahkan tentang Pamekasan.

Selain itu, sambung dia, yang juga tidak kalah pentingnya yang perlu dilakukan pengelola dan pengurus KIM Pamekasan adalah pendidikan melek media.

"Caranya bisa bekerja sama dengan organisasi profesi wartawan yang ada di Pamekasan ini, sehingga masyarakat kita bisa melek informasi dan mampu menyaring informasi yang benar dan faktual," katanya.

Setidaknya, sambung Bahrun, dua fungsi pokok KIM sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo bisa terlaksana dengan baik, yakni melakukan diseminasi penyebaran informasi publik dan penopang kegiatan ekonomi produktif di masyarakat. [Baca Juga: KIM Pamekasan Hebat Kampanyekan Literasi Bersama Bupati-Wabup]

Bahrun menjelaskan, dalam waktu dekat Pemprov Jatim juga akan menggelar pekan KIM Se-Jawa Timur dengan melibatkan semua KIM yang tersebar di 38 kabupaten/kota.

"Di Pamekasan ada dua KIM yang akan kirim untuk mengikuti pekan KIM ke-10 Jatim nanti, yakni KIM Kamboja dan KIM Pamekasan Hebat," katanya, menjelaskan.

KIM Pamekasan merupakan kelompok informasi yang bergerak pada upaya pendidikan melek media, dan kelompok ini bekerja sama dengan organisasi profesi wartawan, yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), sedangkan KIM Kamboja fokus pada potensi lokal Pamekasan dan pengembangan seni budaya tradisional. (PAMEKASAN HEBAT)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »