Dinas PUPR Sinergikan Kegiatan dengan Program Pamekasan Cantik

PAMEKASAN HEBAT - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Pamekasan terus mensinergikan berbagai jenis kegiatan yang akan digelar institusi itu dengan program "Pamekasan Cantik" yang dicanangkan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Agus Priambodo dari PUPR Pemkab Pamekasan saat menjadi narasumber dalam program "Spektrum Pamekasan", yakni dialog terbatas yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan dengan JTV Madura Senin (12/8/2019) menjelaskan, salah satu pendukung suksesnya program itu, adalah bebas banjir.

Di Pamekasan, sambung dia, banjir masih sering terjadi akibat dangkalnya aliran sungai, sehingga hujan turun dengan deras, air sungai meluap, dan menyebabkan banyak rumah-rumah warga tergenang.

"Maka, sejalan dengan program pak bupati, yakni Pamekasan Cantik, langkah yang dilakukan adalah normalisasi aliran sungai," kata Agus. [Baca Juga: Pemkab Pamekasan Terapkan Penanganan Bencana Terintegratif]

Dengan cara melakukan bersih-bersih aliran sungai, maka luapan air yang terjadi akibat sungai yang dangkal, bisa diantisipasi. Hanya saja, yang sering menjadi kendala adalah lemahnya kesadaran publik. Sebab, hingga kini masih sering ditemukan, banyak warga yang membuang sampah secara sembarangan ke sungai.

Agus menjelaskan, sejak tahun 2012, di Pamekasan mulai mengalami banjir besar, dan hal itu bersumber dari 13 sungai, 5 diantaranya di wilayah perkotaan, semuanya bermuara di Sungai Kalisemajid.

Dengan demikian, sambung dia, maka melakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat agar mereka bisa memiliki tanggung jawab untuk ikut menjaga lingkungan bersih, dan cantik dengan cara tidak membuang sampah ke sungai. [Baca Juga: PWI-JTV Diskusikan Persoalan Publik dalam Spektrum Pamekasan]

Agus Priambodo merupakan satu dari tiga narasumber yang diundang hadir pada dialog terbatas dalam program "Spektrum Pamekasan" hasil kerja sama antara JTV Madura dengan PWI Pamekasan yang digelar di studio media itu, di Jalan Ronggosukowati Pamekasan, Senin (12/8/2019).

Narasumber lainnya adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Akmalul Firdaus dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Pamekasan Syaiful Anam.

Dialog bertema "Penanggulangan Bencana Terintegratif di Kabupaten Pamekasan" yang dipandu langsung oleh Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan Esa Arif AS ini merupakan kali pertama, dan selanjutnya akan digelar rutin setiap Hari Kamis dengan tema berbeda. (PAMEKASAN HEBAT)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »