PWI-JTV Madura Diskusikan Persoalan Publik dalam "Spektrum Pamekasan"

PAMEKASAN HEBAT - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan melanjutkan kegiatan rutin diskusi publik mulai 8 Agustus 2019 ini, bersama JTV Madura, yang dikemas dalam acara "Spektrum Pamekasan".

"Ini merupakan bagian dari kontribusi PWI Pamekasan. Sebagai organisasi profesi wartawan, PWI memandang perlu berkontribusi memberikan pendidikan publik kepada masyarakat Pamekasan, juga sebagai pelaksanaan missi media yang salah satu adalah pendidikan," kata Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz di Pamekasan, Senin (4/8/2019).

Dialog publik yang diberi nama "Spektrum Pamekasan" dan nantinya akan digelar secara rutin setiap hari Kamis itu, akan membahas persoalan aktual yang terjadi di Kabupaten Pamekasan dengan mengundang pada pihak, yakni perwakilan elemen masyarakat dan pejabat publik pemangku kebijakan, untuk membahas, dan memberikan wawasan bersama kepada masyarakat.

Program ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam berupaya mewujudkan cita ideal Pamekasan yang berwawasan kesadaran publik, sebagai bagian dari peran pers dalam mendorong penguatan peran sebagai pilar demokrasi bangsa ini.

"Pada kegiatan perdana, kami akan membahas tentang 'Penanggulangan Bencana Terintegratif di Kabupaten Pamekasan' dengan menghadirkan narasumber dari BPBD Pemkab Pamekasan, Dinas Sosial dan Komisi IV DPRD Pamekasan," katanya, menjelaskan.

Pewarta Perum LKBN Antara lulusan Media dan Komunikasi Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini menjelaskan, tema dialog tentang penanggulangan bencana terintegratif menjadi tema pembahasan pertama, karena Pamekasan baru saja dibentuk "Kampung Siaga Bencana" dan berdasarkan data data dari Indeks Risiko Bencana Indonesia menyebutkan bahwa Pamekasan masuk urutan ke-115 dari 496 kabupaten di Indonesia yang rawan bencana.

Dengan demikian, sambung Aziz, mata tema tentang penanggulangan bencana alam secara terintegratif merupakan tema aktual yang perlu menjadi perhatian, disamping pentingnya media mendorong terwujudkan masyarakat sadar bencana di wilayah itu.

Dialog yang perdana yang akan digelar Kamis, 8 Agustus 2019 di Studio JTV Madura di Jalan Ronggosukowati Nomor 13 Pamekasan yang akan disiarkan secara live itu, mulai pukul 15.30 WIB hingga selesai.

Direktur JTV Madura Ahmad Soleh menyatakan, kerja sama antara PWI Pamekasan dengan JTV Madura ini sebagai wujud tanggung jawab sosial media penyiaran yang dikelolanya, dalam ikut membangun Pamekasan yang lebih baik melalui sisi media.

"Sebab, kami menyadari di era keterbukaan publik seperti sekarang ini, peran media ikut menentukan arah dan tujuan pembangunan. Pembingkaian dari pemberitaan media juga akan berpengaruh pada terlaksananya program pembangunan dengan baik dan terukur," kata Soleh.

Ia yakin, dialog berbadasis data hasil liputan reporter dan insan pers lainnya di lapangan, nantinya akan bisa memberikan sumbangsih pemikiran bahkan kontrol kearah yang lebih baik, dalam mewujudkan iklim dan tata kelola pemerintahan di Pamekasan yang semakin baik pula.

Sebelum dialog, terlebih dahulu akan ditampilkan dokumen liputan yang berkaitan dengan tema dialog yang akan dibahas, yakni seputar kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Pamekasan, guna memberikan gambaran utuh kepada pemirsa, sebelum menyimak isi dialog yang akan dibahas oleh para narasumber dalam dialog ini.

Selanjutnya, Pengurus PWI Pamekasan akan memberikan penjelasan singkat seputar program “Spektrum Pamekasan” ini, dengan durasi maksimal 2 menit, sebelum akhirnya kegiatan itu digelar dengan mengacu kepada sub tema materi dialog dari para narasumber yang hadir dalam acara dialog tersebut.

Dialog Publik dalam program “Spektrum Pamekasan” sebagai salah satu bentuk pendidikan publik yang solutif, sebagai upaya menggugah kesadaran publik berperan serta dalam ikut mensukseskan program pembangunan di Pamekasan.

Isi dari dialog publik ini, juga akan dinarasikan dalam bentuk artikel hasil kerja sama antara PWI Pamekasan dengan media online lokal Madura, dan kelompok informasi masyarakat (KIM), sehingga penyebaran informasi dalam isi dialog akan lebih luas ke berbagai media lain dan bisa diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dialog publik “Spektrum Pamekasan” hasil kerja sama PWI Pamekasan dengan JTV Madura akan digelar rutin setiap hari kamis, dengan tema-tema aktual dan menjadi perhatian publik di Kabupaten Pamekasan, baik tentang peristiwa, sosial, ekonomi, politik, tata kelola pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan kebijakan publik, sebagai bentuk sumbangsih pemikiran dalam berupaya mewujudkan Pamekasan lebih baik. (Humas PWI Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »