Bank Jatim Dukung Program 10.000 Pengusaha Baru Bupati Pamekasan


PAMEKASAN HEBAT
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menerima bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Jatim dan bantuan ini sebagai bentuk dukungan pada program Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, yakni membantu 10.000 pengusaha baru guna meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

Bantuan berupa peralatan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang diserahkan Kamis (27/8/2020) itu senilai Rp411 juta di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam sambutannya mengatakan, penyerahan CSR dari Bank Jatim dapat menginspirasi pihak perbankan lainnya untuk turut andil dalam menuai kebaikan di Kabupaten Pamekasan.

Menurutnya, saat ini Pemkab Pamekasan sedang berikhtiar untuk mewujudkan beberapa program prioritas, diantaranya menciptakan 10 ribu Wirausaha Baru, dan program ini telah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

"Pelatihan kepada wirausaha baru ini tentunya dalam rangka memberdayakan SDM lokal untuk kemudian mampu menjadikan Pamekasan bisa berdaya saing," katanya. 

Pemkab Pamekasan, juga akan menyediakan dana 'channel link' kerjasama dengan pihak bank, setelah alat-alat bantuan CSR tersebut mampu dikelola dengan baik. 

Dana tersebut, nantinya akan berupa pinjaman dengan bunga 6 persen, dengan rincian  1 persen ditanggung oleh peserta dan 5 persennya akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan. 

"Jadi kira-kira seluruh peserta itu nanti kalau pinjam Rp10 juta cukup bayar bunga  Rp100 ribu selama 1 tahun," katanya.


Pemkab selanjutnya akan mengawasi untuk memastikan bahwa seluruh peserta wirausaha baru benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut.

"Jadi nanti alatnya jangan dijual ya, tapi harus dipergunakan untuk berproduksi," ucap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. 

Ia juga juga berjanji akan mengupayakan pasar offline dan online, untuk memudahkan penjualan produk produk lokal di Kabupaten Pamekasan. 

Hal itu, sambung "Ra Baddrut" sapaan akrab Bupati Pamekasan Baddrut Tamam itu, merupakan niat baik pemkab dalam rangka mendorong lahirnya beberapa pengusaha baru untuk mengurangi pengangguran. 

"Tentunya kita juga berharap agar para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) bisa memiliki semangat yang sama dengan para pelaku UMKM lokal dan warga pamekasan untuk mewujudkan Pamekasan Hebat," tuturnya. 

Sementara, Direktur TI dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo menyampaikan, bantuan peralatan UMKM yang diserahkan itu bisa bermanfaat untuk warga Pamekasan. 

Menurutnya, pemberian CSR dari Bank Jatim tidak lepas dari dukungan Pemkab Pamekasan terhadap kemajuan Bank Jatim Cabang Pamekasan. 

Dukungan Pemkab kepada Bank Jatim Pamekasan tentu diharapkan hingga masa yang akan datang, sehingga ada timbal balik berupa CSR kepada para wirausaha baru dan pelaku UMKM.

"Kami siap mendukung ikhtiar Kabupaten Pamekasan untuk menjadi kabupaten hebat yang salah satunya adalah meningkatkan sektor perekonomian masyarakat," ungkapnya.

"Bank Jatim ini juga milik Pamekasan, tidak hanya milik pusat," katanya, menambahkan.

Hadir dalam acara tersebut Direktur TI dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo, Wakil Bupati Pamekasan Raja'e, Pimpinan Bank Jatim Cabang Pamekasa Firman Iswahyudi. (A1/HS/PAMEKASAN HEBAT)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »