Diskop-Unira Pamekasan bina SDM pengurus koperasi

PAMEKASAN HEBAT - Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan, Jawa Timur, bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi  Universitas Madura (Unira) membina sumber daya manusia para pengurus koperasi dan kelompok usaha mikro di wilayah itu.

"Kerja sama ini kami lakukan, karena Diskop dan Unira memiliki komitmen yang sama dalam berupaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, khusus kelompok usaha kecil dan menengah," kata Dekan Fakultas Ekonomi Unira Pamekasan Gazali, Sabtu.

Gazali menjelaskan, kerja sama dengan melakukan kontrak kerja antara Dinas Koperasi dan UKM dengan Fakultas Ekonomi Unira Pamekasan.

Salah satu jenis kegiatan dari kerja sama ini berupa pelatihan dan pendidikan kewirausahaan kepada para pelaku usaha mikro dan pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Tujuannya agar mereka memiliki bekal tentang wawasan wirausaha, dan keterampilan dalam memasarkan produk usaha.

Kerja sama ini, sambung Gazali, juga sebagai upaya mendukung suksesnya program Pemkab Pamekasan dalam mewujudkan cita-cita ideal Pamekasan Hebat.

"Pamekasan Hebat ini merupakan cita ideal yang telah ditetapkan pemkab dibawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja'e," kata Gazali.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan Jhon Yulianto sebelumnya menjelaskan  jumlah pelaku usaha mikro di Kabupaten Pamekasan mencapai 1.500 usaha lebih.

Hanya saja yang memenuhi standar dari jumlah usaha itu dan layak dipasarkan baru sekitar 102 produk, yakni hasil kerajinan 46 orang pelaku usaha dan kelompok pelaku usaha.

"Kerja sama dengan Unira ini untuk terus mendorong para pelaku usaha mikro lebih baik, sehingga mereka bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya," kata Jhon.

Melalui kerja sama ini, sambung dia, diharapkan para pelaku usaha mikro dan koperasi bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya yang sudah maju. (PAMEKASAN HEBAT)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »