Pamekasan Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak 2019

PAMEKASAN HEBAT - Kabupaten Pamekasan kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten/ Kota Layak  Anak kategori Pratama tahun 2019, yang diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembise, di Hotel Four Points Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019) malam.

Penghargaan yang diterima Pemkab Pamekasan tahun ini, berkat komitmen kepala daerah yang senantiasa terus memberikan dan meningkatkan pelayanan dan meningkatkan fasilitas yang terbaik terhadap anak. Baik dalam segi Pendidikan, Kesehatan, fasilitas ruang bermain dan hal lainnya yang menunjang terhadap hak-hak anak.

Iklim kebersamaan antara semua institusi, seperti legislatif, lembaga perlindungan anak dan perempuan, serta seluruh stakeholder, tercipta dengan baik, sehingga pemerintah pusat menilai Pamekasan sudah layak menyandang sebagai kabupaten layak anak, apalagi didukung oleh perundang-undangan, yakni Perda Nomor 14 Tahun 2015 tentang Kabupaten Layak Anak.

Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak setiap tahun memberikan penghargaan kepada kota/kabupaten layak anak. Tahun ini terdapat 432 kabupaten/kota yang mengikuti proses penilaian dan hanya 247 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) pada empat kategori yaitu Utama, Nindya, Madya dan Pratama.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan penghargaan Pelopor Provinsi Layak Anak, penghargaan Penggerak Provinsi Layak Anak dengan jumlah Kabupaten/Kota Layak Anak terbanyak kepada delapan provinsi.

Delapan provinsi tersebut adalah Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat, Lampung, dan Jambi.

Penghargaan Penggerak Provinsi Layak Anak juga diberikan kepada Riau dengan kategori peningkatan peran dunia usaha terbanyak.

Selain Provinsi Layak Anak dan Kabupaten/Kota Layak Anak, malam penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak juga memberikan penghargaan kepada provinsi dan kabupaten/kota pembina Forum Anak terbaik.

Sementara itu, sebanyak 135 kabupaten/kota di Indonesia berhasil meraih predikat Pratama, 86 kabupaten/kota meraih predikat Madya, dan 23 kabupaten/kota meraih predikat Nindya. (PAMEKASAN HEBAT)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »