MTsN 3 Pamekasan Raih Penghargaan Studi ke Korea

PAMEKASAN HEBAT - Pemerintah melalui Kantor Kementerian Agama mengutus Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pamekasan Mohammad Holis untuk mengikuti kuliah singkat di Seoul National University korea selatan mulai 28 April hingga 05 Mei 2019.

Kepala MTsN yang sebelumnya bernama MTsN Sumber Bungur yang beralamat di Komplek Pondok Pesantren Sumber Bungur, Pakong, Pamekasan ini mendapat anugerah untuk belajar di luar negeri, berkat prestasinya tingkat nasional.

“Saya merupakan satu-satunya kepala MTsN di Madura yang dipercaya oleh pemerintah untuk mengikuti ‘shot course’ di Korea Selatan,” kata Holis dalam keterangan persnya yang disampaikan kepada media di Pamekasan, Minggu (28/4/2019).

Kesempatan menimba ilmu di negeri yang terkenal dengan musik populernya, “K-Pop” ini merupakan kali kedua belajar ke luar negeri. Pada 2017 ia juga ditunjuk pemerintah mengikuti kegiatan studi visit pendidikan ke Brunai Darussalam yang diadakan Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan.

Di Jawa Timur, sebenarnya ada dua orang guru lagi yang ditunjuk mengikuti kegiatan itu, dari total sebanyak 21 guru dan tenaga kependidikan (GTK) madrasah dari seluruh Indonesia dengan tujuan yang perguruan tinggi yang sama di Korea Selatan.

Khusus Mohammadi Holis, kesempatan belajar di Korea Selatan di Seoul National University tersebut, setelah ia dinobatkan sebagai juara I Kepala MTs berprestasi tingkat nasional dalam ajang Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi tahun 2017 yang berlangsung di Tangerang Selatan, Banten 22-24 November 2017.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Kementerian Agama RI, yang merupakan bentuk afirmasi dan penghargaan bagi GTK madrasah berprestasi dalam rangka menigkatkan, knowlage, kreativitas, skill, learning dan melihat secara langsung sistem pendidikan terbaik dunia, karena menurut catatan korea selatan telah menggeser finlandia pada tahun 2019

Sebagaimana rencana kegiatan yang disampaikan oleh pihak panitia dari Direktorat GTK Kementerian Agama, rombongan yang terdiri dari 22 GTK madrasah berprestasi (pemenang I) tahun 2017 dan 2018 se-Indonesia ini bertolak dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta pada tanggal 28 April 2019, pukul 20.00 WIB menuju Incheon International Airport, Seoul, Korea Selatan.

Selama sepekan peserta akan menjalani perkuliahan singkat di SNUE dan direncanakan dibimbing sedikitnya 5 (lima) profesor ahli di bidangnya yakni (1) Prof Yu Cheol, (2) Prof Yun Ji Yoon, (3) Prof Lee Yeong Hee, (4) Prof Sin Yee Yon, (5) Prof Kim Dong Sop . Disamping itu peserta juga akan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia, dan kunjungan lapangan ke sejumlah sekolah, salah satunya adalah Seoul National University Middle School.

Prestasi MTsN 3 Pamekasan
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Sumber Bungur, Pakong, Pamekasan, Madura, Jawa Timur merupakan lembaga pendidikan paling aktif mempromosikan Pamekasan melalui prestasi akademik.

Prestasi yang diraih siswa di lembaga ini, bukan hanya di tingkat lokal, Pamekasan saja, akan tetapi regional, nasional, bahkan beberapa kali telah berhasil meraih prestasi akademik di tingkat internasional.

Akibatnya, banyak penghargaan yang diraih oleh lembaga ini. Hingga 1 Maret 2019 ini, tercatat sebanyak sembilan penghargaan yang diraih lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan tersebut.

Berikut rincian penghargaan yang telah diraih MTsN 3 Sumber Bungur, Pakong, Pamekasan, Madura, Jawa Timur selama kurun waktu 2013 hingga 1 Maret 2019 ini:

1). Aku Bangga Madrasahku pada tahun 2016
2). PWI Pamekasan Award 2017
3). Kepala MTs Prestasi 2017
4). Adiwiyata 2018
5). Inovasi Pengembangan Madarsah 2018
6). The Best Kategori Madarsah Wisata Edukasi dan Loterasi 2018
7). Satya Lencana Karya Satya 2018
8). Kemenkeu Pengelolaan Keuangan 2018
9) The Best Islamic School in Achievement & Development Of Learning Innovation 2019. (PAMEKASAN HEBAT)

Posting Komentar

0 Komentar